Buah Tangan dari Bandar Lampung--Tapis Lampung

Tapis Lampung adalah kain tradisional Lampung yang sudah sangat terkenal di Indonesia, bahkan sampai ke mancanegara. Kain tenun khas Lampung ini pun bukan dibuat cetak langsung jadi, tapi melalui beberapa tahapan proses penenunan. Intinya kain tapis lampung adalah kain tenun yang menggambarkan tradisi dan adat istiadat Suku Lampung, yang dipakai oleh para wanita. Tapis ini berbentuk sarung yang ditenun menggunakan benang emas dan perak. Para pengrajin kain tapis pun adalah para wanita, mulai dari remaja sampai kepada ibu-ibu rumah tangga paruh baya.

Menurut  Van der Hoop seperti yang dikuti oleh Wikipedia Indonesia dikatakan  "orang Lampung telah menenun kain brokat yang disebut nampan (tampan) dan kain pelepai sejak abad ke-2 Sebelum Masehi. Motif kain ini ialah kait dan kunci (key and rhomboid shape), pohon hayat, dan bangunan yang berisikan roh manusia yang telah meninggal. Juga terdapat motif binatang, matahari, bulan serta bunga melati. Dikenal juga tenun kain tapis yang bertingkat, disulam dengan benang sutera putih yang disebut Kain Tapis Inuh." Untuk mengetahui sejarah Kain Tapis Lampung, Anda bisa mengunjungi Wikipedia Indonesia

Saat ini kain Tapis Lampung sudah tersedia di seluruh toko-toko yang menjual kain tradisional Lampung. Kain Tapis umumnya dibeli oleh para pengunjung kota Bandar Lampung sebagai buah tangan atau dibeli oleh masyarakat Lampung itu sendiri untuk dipakai dalam acara-acara adat, resepsi pernikahan atau acara-acara lain di Lampung. Umumnya para panitia resepsi pernikahan menggunakan kain tapis. Pakaian batik pria pun sudah bermotif tapis.