Krui - Ibukota Kabupaten Pesisir Barat

Krui - Ibukota Kabupaten Pesisir Barat

Krui Pesisir Barat merupakan Kabupaten termuda, yang sebelum nya berada di bawah Kabupaten Lampung Barat. Krui tidak lagi terpencil seperti dulu karena saat ini Krui menjadi kabupaten yang selalu dilewati oleh kendaraan-kendaraan yang menuju Lampung Barat atau ke Sumatera Selatan. Kondisi jalannya pun cukup layak untuk dilalui. Diharapkan Krui akan menjadi kota tujuan wisata, khususnya wisata pantai.

Salah satu pantai yang berada di wilayah Kabupaten Pesisir Barat dengan ibu kota Krui ini sudah menjadi tujuan wisata internasional. Sudah banyak turis-turis asing, khususnya yang datang dari Australia datang berkunjung ke Pantai Tanjung Setia untuk berselancar. Ini merupakan kesempatan bagi Kabupaten Pesisir Barat untuk memajukan kabupatennya di sektor wisata bahari.

Sejak diresmikannya sebagai Kabupaten Pesisir Barat pada tanggal 25 Oktober 2012, Kabupaten ini memiliki 11 (sebelas Kecamatan), yaitu: Bengkunat Belimbing, Bengkunat, Ngambur, Pesisir Selatan,  Krui Selatan, Pesisir Tengah, Way Krui, Karya Penggawa, Pesisir Utara, Lemong,  Pulau Pisang.

Kabupaten Pesisir Barat ini memiliki batas-batas wilayah, yaitu: sebelah utara berbatasan dengan Provinsi Bengkulu; sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Tanggamus; sebelah barat dengan Samudera Hindia; dan sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Lampung Barat.


Dengan keindahan pantai dan pengelolaan profesional pantai-pantai yang ada, Krui akan menjadi salah satu tujuan wisata internasional dan dengan demikian pendapatan di sektor devisa bagi wilayah ini akan meningkat. Memang diperlukan tekad dari pejabat Pemda setempat untuk mengangkat tinggi derajat daerah nya. Untuk meningkatkan potensi pariwisata internasional  tentunya  bisa belajar dari provinsi yang memang telah handal dalam pengelolaan pariwisata internasional. Namun yang penting adalah tekad untuk mengembangkan daerahnya.